Tiongkok Mulai Bangun Mesin Untuk Melacak Kebradaan Alien

[​IMG]

Para ilmuwan memang selalu tertarik dengan misteri kehidupan yang ada di luar bumi. Oleh karena itu mereka tidak henti-hentinya membuat infrastruktur dan mengembangkan teknologi canggih untuk bisa mengeksplorasi angkasa lebih jauh. Belum lama ini Tiongkok telah membangun sebuah teleskop radio yang kabarnya adalah terbesar di dunia.

Saking besarnya, dikatakan bahwa untuk mengitari teleskop di Pingtang Tiongkok ini membutuhkan waktu hingga 40 menit. Wow! Teleskop ini nantinya bisa digunakan untuk memperluas pencarian tanda kehidupan di antariksa serta membantu mempelajari galaksi yang lebih banyak. Program yang didukung militer Tiongkok bernama Five hundred meter Aperture Spherical Telescope ini (FAST) ini diperkirakan akan mulai dioperasikan pada tahun 2016 mendatang. Dengan ukuran teleskop yang mencapai 30 kali lapangan sepakbola tersebut, para astronom bisa mendeteksi sinyal radio dari planet-planet yang mengorbit di jutaan sistem bintang dan surya.

Dilansir International Business Times, Jumat (16/10/2015), Kepala ilmuwan dari proyek FAST, Nan Rendong mengatakan, "Sebuah teleskop radio itu seperti telinga yang sensitif, mendengarkan lalu memberitakan pesan radio dari keriuhan yang ada di alam semesta. Ini seperti mengidentifikasi suara jangkrik di tengah badai." Director General dari Astronomical Society, Wu Xiangping juga mengatakan jika teleskop ini akan bisa membantu manusia untuk mencari kehidupan lain di luar galaksi serta menjelajah asal-usul alam semesta.

Comments

Popular posts from this blog

Seniman Taiwan ini buat mobil dari 25.000 ponsel

Memindahkan Cache Firefox ke folder atau drive lain

Olahraga Unik TEQBALL - Mix Antara Pingpong dan Sepak Bola