Sejarah Adanya Hari Ayah Nasional di Indoensia

Bagi warga Indonesia, peringatan Hari Ayah Nasional mungkin masih terdengar agak asing. Hal tersebut mungkin dikarenakan peringatan Hari Ibu yang dirayakan saban tahun setiap 22 Desember lebih dulu populer. Nah, taukah anda hari ini, 12 November, adalah Hari Ayah Nasional. Lantas bagaimana sejarah terciptanya Hari Ayah?




Dilansir dari Wikipedia, Hari Ayah terkonsep untuk menghormati peran ayah dalam kehidupan sehari-hari. Di Amerika serta lebih dari 75 negara lainnya, seperti Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Filipina, dan Hongkong, peringatan Hari Ayah atauFather’s Day dirayakan pada hari Ahad di pekan ke tiga bulan Juni.

Di negara-negara tersebut, perayaan Hari Ayah sudah dimulai sejak awal abad ke-12. Wikipedia juga menjelaskna, umumnya, Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan.
Hari ayah buat pertama kalinya didunia terlahir di Amerika Serikat pada tahun 1910. Di tahun 1909, Sonora Louise Smart Dodd atau Ny. Dodd yang menetap di Kota Spokane lokasi Washington, Amerika Serikat waktu selesai menghadiri perayaan Hari Ibu yang di gelar oleh gereja, hati Ny. Dodd sangat-sangat tersentuh, ia berpikir : “Mengapa didunia ini tidak ada Hari Ayah? ”
Dodd menuliskan surat untuk walikota dan pemerintah daerah tentang usulannya yang menyatakan bahwa bagaimana jika diadakan perayaan Hari Ayah. Atas usaha dan perjuangan keras Dodd, walikota Spokane dan gubernur Washington secara terbuka menyatakan setuju tentang ajuan usulan perayaan hari ayah. Tepat pada 19 Juni 1910, di Washington, Amerika Serikat, digelarlah perayaan Hari Ayah yang pertama di dunia.

Dan pada tahun 1924, Presiden AS saat itu Calvin Coolidge mendukung Hari Ayah untuk menjadikan hari ayah dirayakan secara nasional. Lalu pada 1966, Presiden Lyndon Johnson mengumumkan bahwa ditetapkannya hari Minggu ketiga dari bulan Juni sebagai Hari Ayah Nasional. Dan sampai saat ini Amerika tetap merayakannya hari ayah di waktu yang telah tetapkan Lyndon Johnson.
Figur seorang Ayah sendiri sebenarnya sangat penting. Ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-laki Internasional atau International Men’s Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap 19 November.
Sementara di Indonesia Hari Ayah dirayakan saban 12 November 2006, seperti pernah diploklamirkan di Solo, Jawa Tengah.

Comments

Popular posts from this blog

Seniman Taiwan ini buat mobil dari 25.000 ponsel

Memindahkan Cache Firefox ke folder atau drive lain

Olahraga Unik TEQBALL - Mix Antara Pingpong dan Sepak Bola