Cara Awet Muda Yang Alami Bagi Pria Dari Rasulullah

Tips Cara Awet Muda Alami Bagi Pria Dari Rasulullah Suatu ketika kaisar Romawi (Saat itu Romawi merupakan negara adidaya layaknya Amerika saat ini) berniat membantu kaum Muslimin di kota Madinah dengan mengutus dokter mereka. Tinggal selama setahun di kota Madinah, si dokter ini dibuat terheran-heran, karena jarang sekali bahkan sangat sulit menemukan orang sakit di kota Madinah.



Penduduk Madinah meniru tidak hanya dalam urusan ibadah, termasuk gaya hidup mereka juga meniru panutan kaum Muslimin, Rasulullah SAW. Sepanjang hayatnya, Nabi Muhammad SAW hanya sakit dua kali, pertama saat diracun wanita Yahudi, kedua sakit ketika menjelang wafatnya. Hebatnya lagi, di usia yang lebih dari 40 tahun, beliau dengan jumlah istri 9 mampu menjalankan peran sebagai suami untuk memenuhi kebutuhan secara biologis. Hal ini sangat sangat tidak mungkin bisa dilakukan oleh orang dengan fisik yang lemah. Tenaga beliau di atas usia 40 tahun masih lebih unggul daripada tenaga fisik yang di miliki para pemuda saat itu, apalagi jika dibandingkan pemuda saat ini.

Lantas bagaimana Tips Cara Awet Muda Alami Bagi Pria Dari Rasulullah yang membuat beliau bugar dan bertenaga hingga usia senja ? Mari kita simak gaya hidup keseharian Rasulullah SAW sebagai berikut:

Untuk urutan pertama ini, kita mulai dari cara Rasullah SAW tidur. Beliau selalu tidur di awal malam. Jika tidak ada urusan penting sehabis sholat isya, beliau segera tidur. Beliau tidur tidak dalam kondisi penuh makanan, memberikan waktu jeda antara makan dan tidur malam. Sebelum tidur beliau berwudlu dan gosok gigi. Jadi tidur dalam kondisi bersih. Posisi tidur Rasulullah SAW miring ke kanan kemudian saat terbangun pindah agak miring ke kiri sebentar kemudian balik miring  ke kanan lagi. Posisi tidur miring ke kanan merupakan posisi tidur paling ideal jika dibanding dengan tidur telentang, telungkup maupun tidur miring ke kiri. Tidur telungkup bisa menekan organ-organ, paru-paru lebih susah bernafas. Tidur telentang membuat tulang belakang tertekan dan tidur posisi ini membuat kita bernapas melalui mulut, padahal idealnya bernapas lewat hidung. Tidur posisi miring ke kiri membuat jantung tertekan oleh lever dan paru-paru sebelah kanan yang ukurannya lebih besar daripada paru-paru kiri. Selain itu perbandingan tidur miring kiri dan kanan dalam hal transfer makanan dari lambung ke usus, tidur miring kanan butuh waktu 2.5 – 4.5 jam sedang tidur miring kiri butuh waktu 5-7 jam untuk transfer makanan dari lambung ke usus. Ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Galteh dan Busteh seperti yang dilansir laman islamicboard.com. Rasulullah biasa bangun sangat pagi yaitu di sepertiga malam akhir sekitar jam setengah dua. Selepas bangun beliau bersiwak, berwudlu dan mengerjakan sholat tahajud.

Ketika adzan berkumandang beliau melaksanakan sholat subuh. Setelah sholat subuh beliau duduk untuk dzikir dan beliau tidak beranjak dari zikirnya hingga matahari mulai naik, yaitu pada waktu dhuha. Beliau tidak tidur sehabis subuh dan membenci orang yang tidur setelah subuh. Bila ditinjau secara kesehatan, perbuatan yang beliau contohkan ini sangat powerful  untuk menjaga ketenangan jiwa bahkan efeknya lebih dahsyat dari sekedar meditasi saja. Dalam dzikir ini, seorang muslim memohon ampun, merendahkan diri di hadapan Allah, berdoa minta perlindungan kepada Allah baik untuk urusan dunia maupun akhiratnya.  Dzikir yang disertai dengan keimanan yang kokoh akan membuat jiwa tenang, karena yakin bahwa setiap sesuatunya sudah diserahkan kepada Allah, jika seorang hamba mengimani-Nya maka akan dimudahkan segala urusannya. Keyakinan yang kokoh seperti ini membuat seseorang merasa aman dalam segala hal. Rasa aman inilah yang membuat hati menjadi tenang dan terbebas dari belenggu rasa khawatir. Seperti yang tertulis dalam buku Dale Carnegie yang sangat populer How to Stop Worrying and Start Living”, seorang pebisnis yang tidak bisa mengendalikan rasa khawatir akan mati muda. Ya dunia bisnis memiliki tingkat ketidak pastian lebih tinggi dari sekedar kita menjadi karyawan. Ketidak pastian inilah yang membuat pebisnis sering dilanda rasa khawatir. Rasa khawatir yang tidak tertangani bisa menyebabkan stress dan tekanan jantung naik dan merusak kesehatan mereka.

Balik lagi ke pembahasan Tips Cara Awet Muda Alami Bagi Pria Dari Rasulullah, memasuki waktu dhuha Rasulullah memulai sarapannya dengan segelas air dingin yang dicampur sesendok madu murni. Manfaat madu rasanya tidak perlu saya bahas lagi, karena ditinjau dari manapun madu merupakan minuman tersehat yang pernah ada. Setelah minum madu dingin, beliau memakan kurma ajwa (sekarang terkenal dengan nama kurma nabi) sebanyak 7 butir. Sumber kalori dari kurma lebih baik daripada nasi, kurma ajwa juga sangat efektif menangkal racun. Hal ini terbukti ketika beliau diracun oleh wanita yahudi, beliau hanya sakit tidak sampai meninggal dunia.

Pada tengah atau siang hari beliau istirahat sejenak bisa itu dalam bentuk tidu maupun berleha-leha. Dr. Dimitrios Trichopoulos berkata, “Saya menyarankan untuk tidur siang. Jika ada tempat untuk istirahat di kantor kerja, manfaatkanlah untuk tidur siang”. Dr. Dimitrios adalah ahli kesehatan masyarakat dari Harvard. Karyawan yang tidur siang memiliki tingkat kesehatan dan produktifitas kerja yang lebih bagus daripada yang melewatkan tidur siangnya dengan tetap bekerja atau bahkan ngobrol.

Siang menjelang sore, Rasulullah makan roti gandum yang dicampur dengan minyak zaitun dan kadang dengan cuka. Menurut hadits Nabi, buah gandum berasal dari pohon yang diberkahi. Ketika ashar tiba beliau menunaikan sholat ashar dan berdzikir sore setelahnya. Sore hari biasanya Rosulullah mengunjungi rumah-rumah istrinya dan membantu pekerjaan rumah mereka.
Untuk makan malam, Rasulullah terbiasa mengkonsumsi sayur mayur. Beliau tidak langsung tidur setelah makan malam, tetapi memberinya jeda. Sehingga sayuran sudah cukup dicerna lambung. Prinsip makan Rasulullah adalah makan yang halal dan baik serta jaga keseimbangannya. Seimbang dalam jumlah dan seimbang dalam gizi. Seimbang dalam jumlah yaitu Rasul tidak makan kecuali ketika mulai lapar dan berhenti sebelum kenyang. Artinya beliau tidak menumpuk makanan diperut dan hanya memasukkan seperlunya. Dalam suatu riwayat lain, beliau juga menganjurkan untuk mengisi perut dengan sepertiga air, sepertiga udara dan sepertiga makanan. Selain seimbang dalam hal jumlah, Rasul juga menyeimbangkan gizi yang masuk. Beliau mendapatkan vitamin dari konsumsi buah, mendapatkan protein dari konsumsi daging dan susu, mendapatkan karbohidrat dari konsumsi kurma dan gandum. Jadi sangat tidak tepat jika ada aturan diet yang melarang kita makan daging karena takut gemuk dan kolesterol. Rasulullah sangat menyukai daging kambing bagian lengan atas. Bagian tersebut bagian terbaik dari daging kambing. Untuk menangkal kelebihan lemak dan kolesterol, Rasul mengimbanginya dengan memakan buah-buahan seperti labu air, anggur dan mentimun besar.

Berikut ini pedoman food combining yang dilarang oleh Rasulullah:
  • Tidak minum susu dan makan cuka secara bersamaan
  • Tidak makan buah dan minum susu secara bersamaan
  • Tidak makan daging dan makan ikan secara bersamaan
  • Tidak makan telur dan makan ikan secara bersamaan
  • Tidak makan salad dan makan ikan secara bersamaan
  • Tidak makan ayam dan minum susu secara bersamaan
Rasulullah juga tidak suka dengan makanan yang diawetkan, makanan yang diasinkan. Beliau lebih suka dengan makanan yang masih fresh.
Selain menjaga pola makannya, Rasulullah juga mengolah fisiknya. Caranya dengan memanfaatkan waktu untuk bermain bersama dengan cucu-cucu beliau. Kadan juga dengan cara lomba lari dengan istrinya. Istri beliau yang sering diajak lomba lari adalah siti Aisyah.
Begitulah Tips Cara Awet Muda Alami Bagi Pria Dari Rasulullah, Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Seniman Taiwan ini buat mobil dari 25.000 ponsel

Memindahkan Cache Firefox ke folder atau drive lain

Olahraga Unik TEQBALL - Mix Antara Pingpong dan Sepak Bola